Risan Bagja

Wisata Kuda & Warung Liwet Paku Haji

Wisata Kuda dan Warung Liwet Paku Haji
Wisata Kuda dan Warung Liwet Paku Haji

Whoaaa… (sayah bangun tidur). Tidur yang cukup kenyang buat saya karena semalam tidak ada lagi missed call ataupun SMS nyasar. Ditambah lagi habis nonton Arsenal yang diserang terus ama Bolton tadi malem (red: 18 Maret 2007).

Sambil makan roti sisa semalam dan minum Good Day Moccacino, ane memencet tombol power komputer. “Tit” begitu bunyinya. Dan oww, AVG nya udah out of date! Mau update males, soalnya hari libur macet jaringannya. Ditambah weekend net yang baru saja berakhir kemaren. Sayah pun membuka Winamp (red: software mp3 terpopuler), sambil denger lagu-lagu My Chemical Romance, Muse sama The Used, ane baca-baca majalah Smashing yang baru saja saya download hari Sabtu kemarin.

Waktu lagi baca-baca ibu sayah manggil.

“Ayo, bade sarapan di Paku Haji?”

Ya sudah sayah pun turut ikut. Sekeluarga pun ikut, katanya nih tempat makan masih baru dan baru dibuka hari Jumat sampai Minggu, sama hari libur. Kita ke sana lewat jalan Puri Cipageran (red: rumah si Sahdan, Acun dan masih banyak lagi), dengan asumsi lebih cepet. Eh eh eh ternyata jalannya kecil sama rusak lagi, cuma bisa dilewati satu mobil. Tapi untung juga bisa lihat pemandangan sawah-sawah.

Nama tempatnya “Wisata Kuda & Warung Liwet Paku Haji”, tepatnya di Jl. Haji Gofur Km 4 KBB (red: Kabupaten Bandung Barat). Dari rumah saya di Cimahi kira-kira 30 menit lewat Cidahu, tapi biar lebih cepat mending lewat Jalan Raya Cimahi paling 15 menitan.

Sampe di sana kita disodorkan pemandangan KBB, wow banyak pabrik. Tapi bagus juga keliatan gunung-gunung. Tempat makannya unik, lesehan gitu dengan beberapa saung (red: rumah kecil dari bambu). Di sana menu andalannya sesuai namanya, Nasi Liwet (red: nasi yang aneh, dibilang nasi bukan dibilang bubur juga bukan). Untuk menikmati liwetnya ente cukup merogoh kocek 14 ribu rupiah. Pas makan tuh nasi, wuih ma’nyus! Bumbunya nendang banget (red: kaya kata-kata di Wisata Kuliner).

Selain makanannya enak, ente juga tentu bisa belajar naik kuda di sana. Wah wah, kudanya gede-gede bok. Selain itu ente bisa nyoba naik ATV (All Terain Vehicle), sayah juga agak kaget di sini disewain Grizly yang 600 cc. Ck ck ck untuk naik sendirian, ente tinggal bayar 20 ribu rupiah untul satu putaran. Tuh kan gak da kerjaan waktu libur, cobain deh main ke sana!

Foto dari Unsplash oleh Miles Storey.